Jumat, 29 Juni 2012

Finding Nemo...

Diposting oleh Unknown di 17.48



Pada bulan Mei 2003, Pixar Studio merilis film Finding Nemo (2003) yang menceritakan kisah perjuangan clownfish bernama Marlin (sang ayah) dalam mencari anaknya,  Nemo. Ya, berbeda dengan fabel Disney yang biasanya mengangkat hewan di hutan rimba, film buatan Pixar ini memanjakan audiences dengan gambar-gambar indah seputar kehidupan laut di perairan great barrier reef, Australia.












Ada dua bukti kehebatan film ini, pertama dapat dilihat dari total pendapat Finding Nemosebesar $ 821,300,000.  Kedua, sedemikian hebatnya film ini, anak-anak yang menonton tak lagi bisa dipuaskan dengan merchandise Nemo yang dikeluarkan McDonald’s ataupun pernak-pernik Nemo lainnya seperti boneka, kaos, shopping bag, stiker dll. Sebuah dampak yang di luar dugaan, anak-anak justu malah tertarik untuk memelihara clownfish sungguhan setelah melihat ikan jenis ini tampak sangat menggemaskan di film!

clown_fish_bag
Clownfish menjadi bintang dikala itu, mengalahkan dominasi pahlawan super Marvel ataupun tokoh princess Disney. Toko-toko binatang di Amerika dan negara lainnya pada pertengahan 2003 dulu dipenuhi oleh pembeli anak-anak yang ingin memelihara clownfish seharga $15 sampai $20 beserta akuarium dan pernak-perniknya. Contohnya toko Incredible Pets di Melbourne, Australia, dipenuhi para pembeli anak-anak yang berteriak “Nemo, Nemo” sepanjang jam kerja.
hvs6s8“Setiap anak datang ke toko kami dan bilang mau memiliki Nemo.”
Michael Diaz, manajer Jewels of the Sea di West Palm Beach
“Selepas film (Finding Nemo.red) itu ditayangkan, orang-orang mulai ramai mencari clownfish untuk dipelihara. Sekarang ada perubahan aliran minat memelihara ikan air tawar kepada ikan laut yang ternyata lebih cantik.”
Siew Cheng Hoo, pengurus 88 Marine Aquarium Center di Subang Jaya, Malaysia
Finding Nemo as a social learningFinding_Nemo_008
Sadarkah anda bahwa dampakFinding Nemo terhadap anak-anak begitu besar? Anak-anak yang sebelumnya tidak memberi perhatian terhadap ikan, berubah menjadi tertarik untuk memelihara clownfish, dan inilah contoh nyatasocial learning anak-anak melalui medium film yang dapat mempengaruhi prilaku mereka. Yea,  Finding Nemo membuat anak-anak  melihat gambaran dunia laut yang indah, seperti clownfish warna-warni yang menggemaskan hingga biota laut yang menarik.
Menurut Indrastuti, seorang Ibu dari Yogyakarta yang memiliki dua orang anak, Finding Nemo sangat berguna dalam memperkenalkan jenis-jenis ikan di lautan dan mahluk laut lainnya yang belum pernah mereka temui sehingga anak-anak dapat melakukan observasi. Misalnya, anak-anak mendapatkan pemahaman baru tentang clownfish yang suka bersembunyi dalam anemon laut.
Yea, anak-anak yang menonton film ini dibuat terpesona dengan gambaran dunia laut yang menarik, ikan-ikan yang beraneka ragam, dan terutama clownfish yang mungil dan lucu inilah yang menarik perhatian anak-anak. Anak-anak menjadi menyayangi dan menganggap Nemo sebagai sahabat. Karakteristik dan usia anak-anak yang masih belum bisa berpikir logis, yang mereka inginkan hanyalah kedekatan dengan Nemo. Salah satu perwujudan kedekatan ini bukanlah dengan memiliki pernak-pernik Nemo, tetapi dengan memelihara clownfish sungguhan!
untitled
Kakak beradik di Australia, Brandon Halbert (8) dan, adik perempuannya, Kelsey (3) yang terlihat tengah memegang clownfish. Mereka  menamai ikan itu, tentu saja, Nemo.
The Real Message 
Padahal jika ditelaah, pesan film Finding Nemo sendiri sebetulnya mengajarkan manusia untuk lebih menghargai ikan.  Andrew Stanton, sutradara sekaligus penulis skenarioFinding Nemo menyatakan bahwa inspirasi pembuatan film ini datang dari pengalaman masa kecilnya saat melihat akuarium di tempat dokter gigi. Tiba-tiba saja Stanton berpikir betapa menyedihkannya ikan-ikan tersebut, mereka datang dari laut tetapi harus berakhir di ruangan sekecil akuarium. Tidakkah mereka rindu dengan samudera yang luas dan biru? Pemikiran Stanton inilah yang menjadi konsep awal Finding Nemo. Pesan yang diusung film ini sangat jelas, manusia diharapkan menghargai kebebasan ikan untuk hidup di laut.
Nemo Effect
nemmmTetapi, mengapa pesan yang ditangkap anak-anak berbeda? Realitasnya isi film merupakan sebuah text. Menurut Fiske, textmerupakan pemahaman individu terhadap suatu hal dan diberikan oleh individu berdasarkan point of view individu tersebut. Semua film bersifat open media text, ini artinya, text dalam film bersifat terbuka sehingga membebaskan individu untuk memahami pesan tersebut. Karenanya, walaupun pesan utama Finding Nemo sendiri melukiskan tentang kebebasan ikan, tetapi text yang bersifat terbuka membuat anak-anak memaknai berbeda, yaitu membuat mereka ingin memelihara ikan.
Dampak prilaku memelihara clownfish ini merupakan satu bentuk disinhibitory effects.Prilaku menakutkan yang digambarkan film ini seperti penangkapan Nemo oleh penyelam, penaruhan Nemo di akuarium seorang dokter gigi, serta sosok keponakan dokter gigi, bernama Darla –yang digambarkan sifatnya kasar dan suka mengoncang-goncangkan ikan sampai banyak ikan yang mati-, dan anak inilah yang mau mengambil Nemo sehingga Nemo bermaksud melarikan diri dari akuarium tersebut, nyatanya tidak membuat anak-anak paham tentang kebebasan ikan. Keadaan Nemo yang terkurung dalam akuarium seharusnya menjadi contoh model bagi anak-anak untuk tidak melakukan hal tersebut di dunia nyata, yang sayangnya, justru menghasilkan efek yang berbeda.
Nemo effect berupa peningkatan permintaan clownfish ini tentunya meresahkan banyak pihak. Walt Disney dan Pixar sendiri paham tentang keresahan dan dampak Finding Nemo yang melahirkan budaya pop baru ini, seperti yang dikutip CNN, melalui juru bicaranya, Disney memberi pernyataan
nemo
Memiliki ikan peliharaan menuntut tanggung jawab besar, perawatan harian dan perhatian terus menerus. Film Finding Nemo tidak bermaksud mendukung pembelian ikan untuk dijadikan peliharaan. Orang yang memutuskan memiliki akuarium di rumahnya harus siap bertanggung jawab .
Apakah anda salah satu individu yang terkena Nemo effect?
Finding Nemo

Poster layar lebar
SutradaraAndrew Stanton
Lee Unkrich (co-director)
ProduserJohn Lasseter
Graham Walters
PenulisCerita:
Andrew Stanton
Skenario:
Andrew Stanton
Bob Peterson
David Reynolds
PemeranAlbert Brooks
Ellen DeGeneres
Alexander Gould
Willem Dafoe
Brad Garrett
Allison Janney
Austin Pendleton
Stephen Root
Geoffrey Rush
Nicolas Bird
Erica Beck
LuLu Ebeling
Barry Humphries
Musik olehThomas Newman
Robbie Williams (end credits song, "Beyond the Sea")
Antonio Carlos Jobim
Bob Bain
Bernard Herrmann
SinematografiSharon Calahan
Jeremy Lasky
PenyuntingDavid Ian Salter
DistributorWalt Disney Pictures
Tanggal rilisBendera Amerika Serikat Bendera Kanada 30 Mei 2003
Bendera Filipina 1 Juli 2003
Bendera Australia 27 Agustus 2003
Bendera Britania Raya 10 Oktober 2003
Durasi104 menit
Negara Amerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$94 juta[1]
Pendapatan kotorDomestik:
$339,714,978
Dunia: $864,625,978
DVD Sales:
lebih dari 40 juta kopi

Do You Know?Finding Nemo mendapat 4 nominasi oscar, Best Animated, Best Writing, Best Original Score, Best Sound Editing dan berhasil memenangkan satu piala paman bugil yaitu Best Animated untuk Andrew Stanton. Film ini juga dinominasikan untuk Best Motion Picture Musical-Comedy dalam ajang Golden Globe
Clownfish merupakan jenis saltwater fish di negara tropis yang membutuhkan air asin dengan kadar garam yang tepat. Memelihara Clownfish dalam akuarium air tawar sangatlah tidak mungkin.

0 komentar on "Finding Nemo..."

Posting Komentar

Finding Nemo...



Pada bulan Mei 2003, Pixar Studio merilis film Finding Nemo (2003) yang menceritakan kisah perjuangan clownfish bernama Marlin (sang ayah) dalam mencari anaknya,  Nemo. Ya, berbeda dengan fabel Disney yang biasanya mengangkat hewan di hutan rimba, film buatan Pixar ini memanjakan audiences dengan gambar-gambar indah seputar kehidupan laut di perairan great barrier reef, Australia.












Ada dua bukti kehebatan film ini, pertama dapat dilihat dari total pendapat Finding Nemosebesar $ 821,300,000.  Kedua, sedemikian hebatnya film ini, anak-anak yang menonton tak lagi bisa dipuaskan dengan merchandise Nemo yang dikeluarkan McDonald’s ataupun pernak-pernik Nemo lainnya seperti boneka, kaos, shopping bag, stiker dll. Sebuah dampak yang di luar dugaan, anak-anak justu malah tertarik untuk memelihara clownfish sungguhan setelah melihat ikan jenis ini tampak sangat menggemaskan di film!

clown_fish_bag
Clownfish menjadi bintang dikala itu, mengalahkan dominasi pahlawan super Marvel ataupun tokoh princess Disney. Toko-toko binatang di Amerika dan negara lainnya pada pertengahan 2003 dulu dipenuhi oleh pembeli anak-anak yang ingin memelihara clownfish seharga $15 sampai $20 beserta akuarium dan pernak-perniknya. Contohnya toko Incredible Pets di Melbourne, Australia, dipenuhi para pembeli anak-anak yang berteriak “Nemo, Nemo” sepanjang jam kerja.
hvs6s8“Setiap anak datang ke toko kami dan bilang mau memiliki Nemo.”
Michael Diaz, manajer Jewels of the Sea di West Palm Beach
“Selepas film (Finding Nemo.red) itu ditayangkan, orang-orang mulai ramai mencari clownfish untuk dipelihara. Sekarang ada perubahan aliran minat memelihara ikan air tawar kepada ikan laut yang ternyata lebih cantik.”
Siew Cheng Hoo, pengurus 88 Marine Aquarium Center di Subang Jaya, Malaysia
Finding Nemo as a social learningFinding_Nemo_008
Sadarkah anda bahwa dampakFinding Nemo terhadap anak-anak begitu besar? Anak-anak yang sebelumnya tidak memberi perhatian terhadap ikan, berubah menjadi tertarik untuk memelihara clownfish, dan inilah contoh nyatasocial learning anak-anak melalui medium film yang dapat mempengaruhi prilaku mereka. Yea,  Finding Nemo membuat anak-anak  melihat gambaran dunia laut yang indah, seperti clownfish warna-warni yang menggemaskan hingga biota laut yang menarik.
Menurut Indrastuti, seorang Ibu dari Yogyakarta yang memiliki dua orang anak, Finding Nemo sangat berguna dalam memperkenalkan jenis-jenis ikan di lautan dan mahluk laut lainnya yang belum pernah mereka temui sehingga anak-anak dapat melakukan observasi. Misalnya, anak-anak mendapatkan pemahaman baru tentang clownfish yang suka bersembunyi dalam anemon laut.
Yea, anak-anak yang menonton film ini dibuat terpesona dengan gambaran dunia laut yang menarik, ikan-ikan yang beraneka ragam, dan terutama clownfish yang mungil dan lucu inilah yang menarik perhatian anak-anak. Anak-anak menjadi menyayangi dan menganggap Nemo sebagai sahabat. Karakteristik dan usia anak-anak yang masih belum bisa berpikir logis, yang mereka inginkan hanyalah kedekatan dengan Nemo. Salah satu perwujudan kedekatan ini bukanlah dengan memiliki pernak-pernik Nemo, tetapi dengan memelihara clownfish sungguhan!
untitled
Kakak beradik di Australia, Brandon Halbert (8) dan, adik perempuannya, Kelsey (3) yang terlihat tengah memegang clownfish. Mereka  menamai ikan itu, tentu saja, Nemo.
The Real Message 
Padahal jika ditelaah, pesan film Finding Nemo sendiri sebetulnya mengajarkan manusia untuk lebih menghargai ikan.  Andrew Stanton, sutradara sekaligus penulis skenarioFinding Nemo menyatakan bahwa inspirasi pembuatan film ini datang dari pengalaman masa kecilnya saat melihat akuarium di tempat dokter gigi. Tiba-tiba saja Stanton berpikir betapa menyedihkannya ikan-ikan tersebut, mereka datang dari laut tetapi harus berakhir di ruangan sekecil akuarium. Tidakkah mereka rindu dengan samudera yang luas dan biru? Pemikiran Stanton inilah yang menjadi konsep awal Finding Nemo. Pesan yang diusung film ini sangat jelas, manusia diharapkan menghargai kebebasan ikan untuk hidup di laut.
Nemo Effect
nemmmTetapi, mengapa pesan yang ditangkap anak-anak berbeda? Realitasnya isi film merupakan sebuah text. Menurut Fiske, textmerupakan pemahaman individu terhadap suatu hal dan diberikan oleh individu berdasarkan point of view individu tersebut. Semua film bersifat open media text, ini artinya, text dalam film bersifat terbuka sehingga membebaskan individu untuk memahami pesan tersebut. Karenanya, walaupun pesan utama Finding Nemo sendiri melukiskan tentang kebebasan ikan, tetapi text yang bersifat terbuka membuat anak-anak memaknai berbeda, yaitu membuat mereka ingin memelihara ikan.
Dampak prilaku memelihara clownfish ini merupakan satu bentuk disinhibitory effects.Prilaku menakutkan yang digambarkan film ini seperti penangkapan Nemo oleh penyelam, penaruhan Nemo di akuarium seorang dokter gigi, serta sosok keponakan dokter gigi, bernama Darla –yang digambarkan sifatnya kasar dan suka mengoncang-goncangkan ikan sampai banyak ikan yang mati-, dan anak inilah yang mau mengambil Nemo sehingga Nemo bermaksud melarikan diri dari akuarium tersebut, nyatanya tidak membuat anak-anak paham tentang kebebasan ikan. Keadaan Nemo yang terkurung dalam akuarium seharusnya menjadi contoh model bagi anak-anak untuk tidak melakukan hal tersebut di dunia nyata, yang sayangnya, justru menghasilkan efek yang berbeda.
Nemo effect berupa peningkatan permintaan clownfish ini tentunya meresahkan banyak pihak. Walt Disney dan Pixar sendiri paham tentang keresahan dan dampak Finding Nemo yang melahirkan budaya pop baru ini, seperti yang dikutip CNN, melalui juru bicaranya, Disney memberi pernyataan
nemo
Memiliki ikan peliharaan menuntut tanggung jawab besar, perawatan harian dan perhatian terus menerus. Film Finding Nemo tidak bermaksud mendukung pembelian ikan untuk dijadikan peliharaan. Orang yang memutuskan memiliki akuarium di rumahnya harus siap bertanggung jawab .
Apakah anda salah satu individu yang terkena Nemo effect?
Finding Nemo

Poster layar lebar
SutradaraAndrew Stanton
Lee Unkrich (co-director)
ProduserJohn Lasseter
Graham Walters
PenulisCerita:
Andrew Stanton
Skenario:
Andrew Stanton
Bob Peterson
David Reynolds
PemeranAlbert Brooks
Ellen DeGeneres
Alexander Gould
Willem Dafoe
Brad Garrett
Allison Janney
Austin Pendleton
Stephen Root
Geoffrey Rush
Nicolas Bird
Erica Beck
LuLu Ebeling
Barry Humphries
Musik olehThomas Newman
Robbie Williams (end credits song, "Beyond the Sea")
Antonio Carlos Jobim
Bob Bain
Bernard Herrmann
SinematografiSharon Calahan
Jeremy Lasky
PenyuntingDavid Ian Salter
DistributorWalt Disney Pictures
Tanggal rilisBendera Amerika Serikat Bendera Kanada 30 Mei 2003
Bendera Filipina 1 Juli 2003
Bendera Australia 27 Agustus 2003
Bendera Britania Raya 10 Oktober 2003
Durasi104 menit
Negara Amerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$94 juta[1]
Pendapatan kotorDomestik:
$339,714,978
Dunia: $864,625,978
DVD Sales:
lebih dari 40 juta kopi

Do You Know?Finding Nemo mendapat 4 nominasi oscar, Best Animated, Best Writing, Best Original Score, Best Sound Editing dan berhasil memenangkan satu piala paman bugil yaitu Best Animated untuk Andrew Stanton. Film ini juga dinominasikan untuk Best Motion Picture Musical-Comedy dalam ajang Golden Globe
Clownfish merupakan jenis saltwater fish di negara tropis yang membutuhkan air asin dengan kadar garam yang tepat. Memelihara Clownfish dalam akuarium air tawar sangatlah tidak mungkin.

Share this post:

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

0 komentar:

Posting Komentar

 

Learning is Fun Copyright 2009 Reflection Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez